Bukan Cuma Pemberhentian Sementara

Posted on Desember 16, 2012

0


Ketika melihat sepintas, orang-orang tidak akan mengira bahwa bangunan tersebut adalah halte. Desain rancangan yang unik menjadikannya berbeda dari halte-halte lainnya. Kesan halte yang kumuh sama sekali tak terlihat pada halte tersebut.

Halte yang merupakan sumbangan dari Alumni ITB ’71 tersebut terletak di sekitar kawasan kampus ITB.

Dua halte yang berada di dekat pintu masuk parkiran Sipil dan dekat Kantor Bank BNI Cabang Tamansari tersebut digagas oleh alumni ITB mengingat kondisi jalan Ganesha yang semrawut.

Selain itu, angkot yang menaikkan dan menurunkan penumpang di sebarang tempat menjadi alasan utama keberadaan halte ini. Penampilan halte yang menarik dan desain yang bagus dianggap dapat menaikkan minat orang-orang untuk menunggu angkot di halte tersebut.

Namun, jika diamati ada sesuatu yang menarik di halte tersebut. Yakni tempat duduk bagi penunggu. Desain tempat duduk yang menarik memang perlu diacungi jempol karena idenya, namun secara fungsional tempat duduk tersebut tidak bagus karena hanya dapat menampung dua orang.

Tidak diketahui alasan rancangan tempat duduk tersebut, namun melihat situasi demikian dapat dikatakan bahwa halte tersebut tidak memfasiliasti apabila penumpang banyak. Selain itu, desain tempat duduk juga terkesan membuat orang “tergesa-gesa” dan tidak nyaman untuk berlama-lama. Secara estetika, halte tersebut memang punya terobosan baru, berbeda dengan halte kebanyakan dibangun asal jadi dan asal bisa dijadikan sebagai tempat tunggu angkutan umum. Meski demikian, secantik apapun halte tersebut jika tidak memberikan fungsi sebagai hakikatnya tidak akan berguna.

Permasalahan lainnya adalah keberadaan halte tersebut tidak begitu diacuhkan oleh orang-orang, terutama mahasiswa yang menggunakan jasa angkutan umum yang seharusnya turun dan naik angkutan di halte. Namun, meski lokasi bangunan berada beberapa meter saja di dekat pintu masuk kampus ITB membuat orang enggan dan tetap menyetop angkot di mana saja.***

 

Pipit Uky Vivitasari

10210063

 

 

Ditandai:
Posted in: feature