Surat Malam untuk Presiden

Posted on Desember 13, 2012

0


Judul Surat Malam untuk Presiden
No. ISBN 9786022080909
Penulis Acep Iwan Saidi
Penerbit Gradienmediatama
Tanggal terbit Agustus – 2012
Jumlah halaman 400
Kategori Non-fiksi

 

Masyarakat Indonesia adalah masyarakat beradab yang menjunjung tinggi peran diskusi. Hal ini tidak pernah lekang dari zaman ke zaman, bahkan budaya diskusi semakin menjamur ke berbagai kalangan berkat kemajuan teknologi informasi dan komunikasi. Penulis Acep Iwan Saidi memanfaatkan jejaring sosial Facebook sebagai media penyampaian kritik, gagasan, dan keluhan terhadap kondisi bangsa dan sikap pemerintah Indonesia. Melalui status-statusnya, Acep mengajak publik untuk turut berbagi rasa dan pikiran terhadap persoalan yang memang seharusnya dihadapi oleh seluruh komponen masyarakat.

Namun gagasan penulis Asep tidak berhenti sampai forum dunia maya saja, Asep mengumpulkan status-status berisi kritik yang pernah dibagikannya dan menuliskannya ke dalam buku ini. Selain statusnya, ada pula komentar-komentar yang menyertai status tersebut – yang juga berisi luapan emosi masyarakat terhadap situasi bangsa; membuat buku ini semakin menyerupai dialog intelektual. Setiap status tidak sekedar lahir dari luapan emosi buta semata, melainkan melalui perpaduan emosi, wawasan, dan gagasan cerdas.

Buku ini menceritakan pandangan Asep dalam delapan bab. Dimulai dari inspirasi yang diperolehnya dari kampung halaman, kemudian kegelisahannya yang bertambah ketika memperhatikan perubahan-perubahan di sekitarnya – terutama lingkungan alam.

Elemen menarik utama dari buku ini adalah suara-suara masyarakat Indonesia – yang dipelopori oleh Acep. Publikasi kritik di ruang publik menuntut tanggungjawab moral dan etika yang besar – dan keberanian Asep untuk mengungkapkan keprihatinannya merupakan suara yang jarang terdengar di tengah masyarakat yang semakin apatis dalam menanggapi situasi sosial. Kehadiran buku ini mematahkan persepsi negatif tersebut dan meninggikan kembali budaya diskusi masyarakat Indonesia yang telah mengakar dari era lampau. Penggunaan jejaring sosial sebagai media diskusi merupakan terobosan kreatif di tengah kebuntuan aspirasi. Perwujudan buku dari status-status tersebut akan menjadikan semangat beraspirasi menyebar lebih luas ke seluruh penjuru masyarakat. Kemudian karena bahasa yang digunakan dalam penulisan status adalah bahasa tidak formal, buku ini layak untuk dibaca seluruh kalangan masyarakat.

 

Akhiles L. Danny Sindra

135 09 063 – Teknik Informatika ITB

 

Ditandai:
Posted in: peristiwa