Narasi 501 Status Facebook untuk Para Pemimpin Rakyat

Posted on Desember 13, 2012

0


Judul Buku                  : Surat Malam untuk Presiden
Pengarang                  : Acep Iwan Saidi
Penerbit                       : Gradien Mediatama
Kota Terbit                  : Yogyakarta
Tahun Terbit                : 2012

Jumlah Halaman          : 400 halaman
Harga                         : Rp 65.000

Biasanya status facebook identik dengan status yang berisi gurauan, caci-maki, gossip dan hal-hal yang tidak berbobot lainnya. Berbeda dengan status facebook yang ditulis oleh Acep Iwan Saidi yang berjumlah 501 status. Status yang ia tulis berdasarkan referensi yang ia dapat dan ditulis satu per satu dengan cara bernarasi, yaitu saling terkait satu status dengan status yang sebelumnya serta isinya secara umum berisi kritik dan saran halus untuk memperbaiki keaadaan bangsa ini dengan berfokus pada para pemimpinnya.

Sistem – sistem yang rusak dan kacau masih diterapkan di negara ini seperti pendidikan dan pemilu ia ulas detil dalam buku ini berdasarkan pengalamannya beserta riset – riset yang telah ia lakukan. Status yang ia tulis berawal dari cerita semasa kecilnya di sebuah dusun, di kaki Gunung Salak, 60 km dari Jakarta. Keaadaan kampungnya yang tidak berubah selama puluhan tahun bahkan lebih buruk membuat ia gelisah. Alam yang dirusak karena pejabat yang tidak bertanggung jawab menyebabkan nasib warga kampungnya semakin tidak menentu. Kegelisahan inilah yang memicu narasi status yang ia buat untuk berfokus kepada permasalahan negara ini, utamanya para pemimpinnya.

Acep yang merupakan seorang dosen di Institut Teknologi Bandung dan tulisannya sering dicetak di Kompas ini tidak hanya memberi kritik kosong yang tidak memberikan solusi apapun, melainkan ia malah menjelaskan dengan mendetil solusi permasalahan yang ia tulis dengan analisis dari berbagai aspek. Contoh solusi yang ia paparkan yaitu koin untuk presiden, yang isinya bahwa untuk memilih calon pemimpin negara yang baik seluruh masyarakat harus mendukung secara moral, finansial dan pendidikan calon presiden independen tanpa campur tangan dari partai politik sehingga jika calon tersebut terpilih menjadi presiden, ia akan mewakili rakyat seutuhnya, tanpa memperdulikan perebutan kekuasaan partai politik.

Kritik efektif beserta solusi yang ia tulis menjadi narasi status facebook juga di sukai / like dan dikomentari pengguna media sosial tersebut sehingga membuat status – status tersebut sangat menarik untuk diikuti karena menampilkan berbagai respon dari orang lain yang juga berpendapat. Buku ini berguna dibaca oleh siapa saja, khususnya masyarakat yang gelisah akan problematika negara ini dan butuh ide solusi efektif untuk menyelesaikannya.

Buku ini menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar serta dibumbui dengan metafora dan perumpaan serta kutipan dari karya sastra yang telah ada. Gaya penuturan isi buku ini tidak kaku dan membuat pembaca penasaran untuk membaca sampai habis karena bentuknya narasi dan saling berkaitan.

 

Hazmanu Hermawan Yosandian

12009008

Teknik Geologi

 

Ditandai:
Posted in: peristiwa