Diskusi Buku “Surat Malam Untuk Presiden” di Pameran Buku Bandung 2012

Posted on Oktober 10, 2012

0


Pada hari Rabu (3/10/2012) bertepat di Landmark Convention Hall, Jl. Braga 129, Bandung, acara diskusi buku  “Surat Malam Untuk Presiden” diadakan sebagai rangkaian acara dari Pameran Buku Bandung 2012 yang berlangsung sejak 2-8 Oktober 2012. Acara diskusi buku ini berlangsung selama dua jam dari pukul 16.00 WIB. Untuk memasuki pameran dan mengikuti rangkaian acara Pameran Buku Bandung 2012 ini peserta tidak dipungut biaya masuk. Puluhan peserta acara bedah buku tampak serius mengikuti diskusi dengan Acep Iwan Saidi selaku penulis yang dimoderatori oleh Dhipa Galuh Putra dan menghadirkan pembicara Tisna Sanjaya dan Aat Suratin.

Surat Malam Untuk Presiden adalah sebuah buku yang berisi kumpulan status Facebook penulis, tepatnya berjumlah 501 buah narasi status Facebook. Tidak sekedar status Facebook milik penulis saja yang ada di dalam buku tersebut, tetapi beragam komentar pembaca dituangkan ke dalam buku tersebut. Isi statusnya beragam dari mulai sosial, politik, lingkungan hingga budaya.

Acara diskusi ini diawali dengan pemaparan dari Tisna Sanjaya tentang hal-hal unik dari buku tersebut. Salah satunya dalah proses pembuatannya yang dari manual ke maya lalu kembali lagi manual. Penulis mengonsepkan tulisannya secara manual, lalu disampaikannya di dunia maya. Tulisan-tulisan tersebut disajikan kembali secara manual dalam bentuk buku, agar lebih banyak lagi masyarakat umum yang sadar akan kondisi yang terjadi di sekitarnya.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan dari Aat Suratin. Aat mengatakan bahwa kata “malam” pada judul yang diambil sangat tepat karena buku ini bukan berisi kritikan yang keras, tetapi kritik yang bersifat empatik. Acara ini diakhiri dengan sesi tanya-jawab dari peserta diskusi.***

 

Risqi Berliandie R./13007041/Teknik Kimia ITB

Ditandai:
Posted in: peristiwa