ITB Membuka Layanan Kursus Bahasa Jepang Gratis

Posted on Oktober 4, 2012

0


International Relation Office (IRO) ITB bekerjasama dengan Tohoku University memberikan layanan kursus Bahasa Jepang gratis untuk mahasiswa, baik yang berasal dari ITB, maupun dari luar ITB. Kursus Bahasa Jepang ini diadakan dalam dua kelas, yaitu kelas dasar dan kelas lanjutan. Sebelum bisa mengikuti kegiatan belajar, para calon peserta mengikuti proses wawancara dan seleksi untuk melihat kemampuan Bahasa Jepang mereka sebelumnya dan motivasi mereka untuk mengikuti kursus ini, apakah itu karena ingin melanjutkan studi, bekerja, atau karena ingin menambah keterampilan bahasa.

Kelas pertama dimulai pada tanggal 28 Juni 2012 dengan jumlah peserta 20 orang. Instruktur di kelas dasar adalah Nabilah Shabrina, seorang mahasiswi ITB jurusan teknik informatika angkatan 2008 yang pernah menghabiskan beberapa tahun di Jepang. Di kelas dasar ini, para peserta diajarkan bagaimana cara membaca dan menulis dalam karakter hiragana dan katakana yang baik dan benar serta percakapan dasar sehari-hari. Yang membuat kursus ini menarik dan berbeda  adalah metode belajar yang digunakan mencontoh bagaimana orang Jepang mempelajari bahasa Jepang, dengan kata lain, para peserta kursus dilatih untuk menggunakan pola pikir bahasa ibu yang memang harus digunakan dan dilatih setiap hari. Para peserta juga diberikan tugas untuk mengulang apa yang sudah diajarkan dikelas yang idealnya harus dikerjakan setiap hari.

Nilai lebih lainnya dari kursus ini adalah kelas lanjutan yang tetap ada tanpa harus menunggu kuota peserta terpenuhi dan diajar langsung oleh profesor dari Tohoku University. Sehingga, para peserta kelas lanjutan dapat berlatih berbicara dan mendengarkan dalam Bahasa Jepang dengan sangat baik. Dalam beberapa kesempatan, hadir juga instruktur tamu yang biasanya merupakan mahasiswa Jepang yang sedang berada di Indonesia sehingga mereka dapat saling bertukar pengetahuan tentang budaya dan pengalaman mereka baik di Jepang maupun di Indonesia.

Dengan adanya fasilitas ini, mahasiswa tidak perlu membayar mahal untuk bisa belajar Bahasa Jepang. Hanya dibutuhkan niat, kemauan kuat, dan komitmen untuk mengikuti seluruh kegiatan belajar agar dapat belajar. Nah, tertarik untuk mengikuti kursus ini? Langsung saja menghubungi IRO ITB di Jalan Ganesha nomor 17 dan nikmati fasilitas kursus Bahasa Jepang ini di periode selanjutnya.***

Silvia Rachmi/1068032

 

Posted in: jurnalistik