Program Beastudi Sertifikasi Kompetensi Software SAS 2012 kembali Menggebrak Kampus Ganesha ITB

Posted on September 25, 2012

0


 Bandung, itb.ac.id – Kampus ITB memang tidak pernah berhenti dalam mengejar pendidikan, terbukti sebanyak 44 Mahasiswa ITB lolos seleksi program seleksi beasiswa sertifikasi SAS yang diadakan oleh Comlabs-USDI  ITB pada hari Kamis, tanggal 13 September 2012. Program kontinu yang diadakan oleh Comlabs-USDI  ITB  ini sudah berdiri sejak 1 tahun yang lalu  (sejak Juli 2011). Program yang diadakan oleh Comlabs-USDI  ITB ini tidak dipunggut biaya sama sekali alias gratis. Program Beastudi Sertifikasi Kompetensi Software SAS ini bertujuan untuk membekali mahasiswa ITB dengan kemampuan programming dan analisis bisnis dengan menggunakan software SAS. Pelaksanaan Program Beastudi Sertifikasi Kompetensi Software SAS ini dimulai pada tanggal 17 September sampai dengan tanggal 01 Desember 2012.

Program beastudi ini terbagi menjadi 2 bagian, yang pertama adalah ITB-SAS Academy Programming dengan beastudi full senilai Rp 6.500.000,- dan yang kedua adalah program ITB-SAS Academy Statistical Analyst dengan beastudi full senilai Rp 8.000.000,-. Dari masa pendaftaran pada tanggal 2 Agustus sampai dengan tanggal 2 September 2012 dan melalui proses seleksi yang cukup ketat akhirnya didapatkan 44 mahasiswa ITB yang berhasil lolos seleksi, terdiri dari 24 orang ITB-SAS Academy Programming dan 20 orang ITB-SAS Academy Statistical Analyst. Menurut Daniel, untuk kuliah perdana SAS Programming dapat dimulai pada hari Sabtu, 22 September 2012 pukul 08.00-10.00 WIB. Sedangkan untuk kelas SAS Statistical Analyst kuliah perdana dimulai pada hari Jumat, 21 September 2012 pukul16.00-18.00 WIB.

SAS adalah suatu perusahaan multinasional yang bergerak dibidang programming business intellegence dan analisis kebijakan keberjalanan suatu bisnis dalam pengelolaan aset perusahaan. SAS melayani software layanan business analytics, dan vendor independen terbesar di pasar intelijen bisnis.  SAS memberikan solusi inovatif dalam suatu kerangka terpadu untuk meningkatkan kinerja dan memberikan nilai dengan membuat keputusan yang lebih baik lebih cepat untuk perusahaan. Diharapkan output dari mahasiswa yang memperoleh Beastudi Sertifikasi Kompetensi Software SAS ini mampu menjawab tantangan tantangan permasalahan global dalam business analytics yang sedang terjadi di dalam dunia bisnis saat ini.

Fasilitas yang didapatkan pada pelatihan Program Beastudi Sertifikasi ini adalah gratis biaya pelatihan senilai jutaan rupiah, sertifikat kelulusan resmi dari ComLabs, tugas-tugas yang dapat dijadikan portofolio dan jurnal ilmiah, metode pembelajaran dengan menggunakan e-learning dan kesempatan mendapatkan tawaran proyek atau kerja langsung dari suatu industri yang bergerak dalam bidang programming business intellegence. Selain itu, manfaat bagi peserta itu sendiri adalah dapat memberi nilai tambah bagi peserta untuk bersaing di dunia kerja, meningkatkan kemampuan di bidang IT terutama di penguasaan software SAS dan meningkatkan kemampuan dalam communication personal.

Menurut Teguh Nugraha, selaku Ketua Workshop Pelatihan SAS Comlabs-USDI  ITB, tujuan diadakannya program Beastudi Sertifikasi Kompetensi Software SAS ini adalah untuk mengedukasi civitas ITB mengenai business analytics software, memperkenalkan software SAS, meningkatkan daya saing mahasiswa ITB di dunia kerja, dan mengaplikasikan ilmu statistika yang didapat selama belajar di bangku kuliah. Metode pembelajaran pada program pelatihan ini menggunakan sistem e-learning sebagai proses belajar mengajar, tugas berupa coding, makalah, presentasi, dan melakukan  pelatihan offline di kelas.

Menurutnya pelatihan ini sangat berguna dan sayang sekali apabila dilewatkan oleh civitas akademika begitu saja karena software SAS mulai banyak digunakan oleh perusahaan – perusahaan besar di Indonesia dan saat ini perusahaan – perusahaan  tersebut membutuhkan orang – orang  yang mampu mengoperasikan SAS. Selain itu, pelatihan SAS yg asli biayanya sangat mahal sedangkan di sini kita bisa mendapatkannya secara gratis. Jadi, dapat disimpulkan banyak sekali manfaat yang kita dapat dari pelatihan ini.***

 

ARIF PANDU WINARTA/10209009/FISIKA 

Posted in: jurnalistik