PPMS selenggarakan Workshop on Mathematical Modeling

Posted on September 25, 2012

0


“Dengan semakin berkembangnya keilmuan-keilmuan multidisiplin, kemampuan pemodelan menjadi semakin penting untuk menyelesaikan berbagai permasalahan yang dihadapi”

Pada tanggal 17-20 September 2012 Pusat Permodelan Matematika dan Simulasi (PPMS) ITB menyelenggarakan Workshop on Mathematical Modelling. Kegiatan ini diselenggarakan di lingkungan kampus matematika ITB. Kegiatan ini ditujukan bagi para mahasiswa, dosen, maupun pihak lain yang tertarik dengan permodelan masalah nyata yang dihadapi oleh berbagai bidang di luar matematika seperti industri, perminyakan, fisika, sipil, lingkunan dll. Peserta berasal dari berbagai daerah dan kampus. Ada peserta yang berasal dari Surabaya, Jakarta, Bandung, bahkan dari luar Jawa seperti Medan.

Hadir sebagai pembimbing utama Assoc Prof. Neville Fawkes dari The University of Western Australia. Beliau adalah pakar dalam bidang permodelan matematika, beliau membidangi  pemodelan kontinyu yang berhubungan dengan  Biologi, Industri dan Sains. Beliau juga merupakan orang yang membimbing pembentukan PPMS ITB. Beliau telah berpartisipasi dalam perkembangan permodelan matematika di seluruh dunia.

Dalam workshop ini, peserta dibagi menjadi enam kelompok dan diharuskan untuk menyelesaikan berbagai permasalahan nyata yang dihadapi dari berbagai bidang.

Ada enam topik yang didiskusikan dalam workshop ini yaitu Piped Water Cooling Of Concrete Dams (penggunaan air melalui pipa untuk mendinginkan bendungan beton), Fishing Rod Design (Perancangan Batang Pancing), Oil Detection Using Electromagnetic Prospecting Techniques (Pencarian Minyak menggunakan teknik elektromagnetik), Pollution Modelling (Pemodelan Polusi), Brazil Nut Effect (Efek Kacang Brazil), Corrosion Inhibition In Steel Pipes Used In The Oil Industry (Penghambatan Korosi pada Pipa Baja yang digunakan pada Industri Migas).

Acara dibuka secara resmi oleh ketua Program Studi Matematika ITB, Agus Yodi Gunawan. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan pengalaman yang berharga ketika beliau mengikuti acara serupa 14 tahun yang lalu. Beliau menyampaikan harapannya agar para peserta bisa mengambil pengalaman yang berharga selama mengikuti workshop ini.

Pada hari pertama workshop, para narasumber memaparkan masalah-masalah yang menjadi topik pembahasan pada workshop kali ini. Neville memaparkan tiga masalah. Dilanjutkan dengan pemaparan mengenai korosi dari dosen kimia itb. Pemaparan masalah polusi dari dosen teknik lingkungan itb, dan masalah brazil nut effect dari ibu nuning.

Setelah itu para peserta dibagi menjadi beberapa kelompok dan mulai mendiskusikan masalah yang mereka hadapi. Pada hari pertama, para peserta sibuk berdiskusi dengan narasumber, mencoba memahami masalah secara lebih dalam lagi. Mereka mencoba mengumpulkan referensi-referensi yang relevan. Peserta sangat antusias sekali dalam diskusi ini, mereka sangat aktif bertanya, dan pertanyaan-pertanyaan kritis yang diajukan peserta membuat diskusi sangat hangat.

Pada hari kedua peserta semakin serius dan antusias untuk diskusi. Ada sejumlah tutor, yang merupakan dosen matematika itb,  yang menemani diskusi para peserta. Pada hari kedua ini, para peserta sudah mulai memahami masalah secara lebih dalam dan mulai mampu memodelkan permasalahan yang mereka hadapi.

Pada hari ketiga, peserta akhirnya bisa memecahkan masalah yang mereka hadapi, dan mempersiapkan presentasi hasil penelitian mereka.

Pada hari keempat, para peserta mempresentasikan hasil penelitian mereka dihadapan para pembimbing dan peserta lainnya. Setiap kelompok secara bergiliran menyampaikan hasil permodelan yang mereka lakukan selama tiga hari. Ada banyak hal-hal menarik yang didapatkan dari hasil permodelan yang dilakukan peserta.

Neville, sebagai pembimbing utama dalam workshop kali ini, menyampaikan kegembiraannya terhadap workshop ini. Menurut dia, para peserta workshop sangat hebat, mereka mampu memahami masalah dengan sangat baik, mampu memberikan interpretasi dari model mereka, dan mampu menjawab permasalahan yang dihadapi.

Agus Yodi Gunawan, mengatakan bahwa tujuan dari diselenggarakannya kegiatan ini adalah agar Matematikawan bisa berkomunikasi dengan baik dengan orang-orang di luar matematika. Ketua Program Studi Matematika ITB ini juga mengatakan bahwa Workshop ini bisa melatih para peserta untuk menerapkan segudang alat matematika yang selama ini telah mereka pelajari. Beliau juga mengatakan harapannya agar workshop serupa bisa menjadi agenda rutin tahunan matematika itb.

 

Abrari Noor Hasmi/10109005

 

Posted in: Uncategorized