Pengembangan Kampus ITB Membuat Unit Kegiatan Mahasiswa ITB Harus Memindahkan Ruangannya

Posted on September 25, 2012

0


Pembangunan gedung-gedung baru di ITB membuat salah satu unit harus memindahkan ruangannya ke tempat lain. Gedung CIBE (Center for Infrastructure and Built Environment Engineering) yang akan dibangun di bekas tempat Gedung Ex-BRT (Biro Rumah Tangga), membuat Direktorat Sarana dan Prasarana ITB memindahkan Unit Pramuka ITB ke Sunken Court. Surat pemberitahuan sudah diberikan sebelumnya kepada Unit Pramuka ITB dan terhitung dari akhir bulan Juli 2012 Unit Pramuka ITB telah mendiami Sunken Court ITB ruang W-02.

Ada yang berbeda dari bagian barat Sunken Court ITB (Institut Teknologi Bandung). Selain toilet yang baru saja selesai di renovasi, ada sebuah unit yang baru menduduki Sunken Court ruang W-02. Unit tersebut adalah Unit Pramuka ITB. Unit Pramuka ITB bukanlah sebuah unit yang baru dibentuk. Unit ini sudah berdiri sejak 12 Maret 1972. Sebelum pindah ke Sunken Court W-02, Unit Pramuka ITB bertempat di gedung Ex-BRT (Biro Rumah Tangga). Terhitung dari akhir bulan Juli 2012 Unit Pramuka ITB mendiami ruang  W-02 Sunken Court ITB. Ruang W-02 Sunken Court ITB adalah ruang staff untuk Direktorat Sarana dan Prasarana ITB sebelum dipakai oleh Unit Pramuka ITB.

Saat ini Gedung Ex-BRT tidak digunakan lagi. Gedung Ex-BRT akan dirobohkan dan dibangun gedung baru. Gedung baru yang akan dibangun tersebut bernama CIBE (Center for Infrastructure and Built Environment Engineering). “Gedung CIBE akan mulai dibangun pada akhir tahun 2012 atau awal tahun 2013. Gedung ini  akan dibangun di bekas tempat gedung Ex-BRT” ungkap Slamet selaku staff Direktorat Sarana dan Prasarana ITB. Gedung Ex-BRT dipakai oleh Direktorat Sarana dan Prasarana ITB sebagai gudang. Ada dua unit yang memakai gedung Ex-BRT sebagai ruang kesekretariatan yaitu Unit Pramuka ITB dan Unit Ganesha Bicycler ITB.

Awalnya Direktorat Sarana dan Prasarana ITB memberikan surat pemberitahuan kepada Unit Pramuka ITB bahwa Unit Pramuka ITB harus direlokasi dari gedung Ex-BRT. Direktorat Sarana dan Prasarana ITB memberikan beberapa opsi pilihan untuk lokasi sekre Unit Pramuka ITB yang baru. Antara lain adalah Saraga (Sasana Olah Raga Ganesha) dan Sunken Court ITB. Setelah Unit Pramuka ITB melakukan survey ke Saraga dan Sunken Court ITB, Unit Pramuka ITB memilih untuk memakai Sunken Court ITB ruang W-02 sebagai sekre barunya.

“Di tempat yang dulu (Ex-BRT-red) lebih luas dari yang sekarang. Tetapi di sana sepi dan jauh dari keramaian.”  jawab Azka, anggota Unit Pramuka ITB, saat ditanyai tentang sekrenya yang dulu. Ruangan di Sunken memang lebih kecil daripada ruangan di Ex-BRT. Bahkan ada unit di Sunken Court ITB yang harus berbagi ruangannya dengan unit lain. “Disini (Sunken Court ITB-red) tempatnya lebih kecil, jadi harus ada barang yang terpaksa tidak dipindahkan ke sekre yang baru. Sunken Court ITB lebih ramai dari gedung Ex-BRT, karena tempat ini dekat dengan gerbang belakang ITB, jadi banyak yang lalu-lalang.” ungkap Azka.

Sunken Court ITB adalah tempat khusus untuk Unit Kegiatan Mahasiswa ITB. Terdapat sekitar 20 ruangan di Sunken Court ITB. Sebelah barat diberi penomoran ruangan W-01, W-02 dan seterusnya. Untuk sebelah timur diberi penomoran E-01, E-02 dan seterusnya. Dua unit terakhir yang baru menempati ruangan Sunken Court adalah Unit Pramuka ITB dan Unit ITBJazz.***

 

Risqi Berliandie R./13007041/Teknik Kimia ITB

Posted in: jurnalistik