Karena Meledak, CC Timur dalam Perbaikan

Posted on September 25, 2012

0


Fenomena lantai “meledak”, begitu dikatakan Lala, petugas lapangan Sarana Prasarana, terjadi di CC Timur. Jumlah lantai yang rusak dan harus diganti karena peristiwa ini adalah sebelas potong lantai. Perbaikan telah dilaksanakan sejak pagi hari tanggal 20 September, dan diperkirakan akan selesai siang hari di hari yang sama. Menurut Lala, pekerjaan ini akan diselesaikan bersama kolega kerjanya, Atang, yang tidak terlihat di situs perbaikan.

Peristiwa lantai meledak sering terjadi pada lantai keramik dengan nap yang terlalu rapat atau tidak fleksibel. Potongan lantai keramik dapat bergerak, membesar, mengecil, menyerap kelembapan dari lingkungan sekitar. Perubahan bentuk atau posisi potongan lantai keramik menyebabkan lantai terlihat menggelembung atau meledak. Solusi yang dapat diterapkan untuk kejadian seperti ini antara lain, mengganti perekat lantai dengan perekat yang lebih fleksibel, memotong sebagian dari perekat lantai, atau mengganti semua lantai yang meledak, dengan potongan lantai yang baru. Solusi terakhir adalah yang dipilih oleh Sarana Prasarana ITB.

Saat perbaikan sedang berlangsung, di sekitar situs tetap ada perkumpulan mahasiswa yang sedang bercengkerama seperti biasa. Kegiatan mahasiswa sekitar tidak terlihat terganggu oleh perbaikan CC Timur. Setelah perbaikan selesai, dikatakan oleh Pak Lala, lantai-lantai baru tersebut akan ditutupi pot bunga sehingga tidak terinjak oleh orang yang lewat.***

 

Dimas Prameshwara/13507001/Sistem Teknologi dan Informasi

Posted in: jurnalistik