HIMATIKA ITB Bangga Karena MATCHO

Posted on September 25, 2012

0


Himpunan Mahasiswa Matematika ITB atau biasa disingkat dengan HIMATIKA ITB kini menjual sebuah buku penunjang belajar untuk mata kuliah kalkulus. Buku tersebut merupakan karangan dari mahasiswa Matematika angkatan 2008, yaitu Muhammad Sammy. Buku yang diberi nama MATCHO ini berhasil memikat minat mahasiswa baru atau sering disebut TPB untuk memilikinya, ini terlihat dari angka penjualan yang cukup besar.

Walaupun buku MATCHO ini baru diterbitkan tahun lalu yaitu tahun 2011, kini penjualannya bisa dianggap sukses dan mampu menyaingi buku penunjang kalkulus yang telah ada sebelumnya. Untuk penjualan pertama tahun ajaran 2011/2012 saja mampu mencapai 1300 buku, dan pada penjualan kedua yaitu tahun ajaran 2012/2013 hingga saat ini (November 2012) telah mencapai 1200 buku, dan kemungkinan besar akan terus bertambah. Sungguh angka yang fantastis untuk buku penunjang  yang baru saja diterbitkan.

Melihat angka penjualan yang cukup besar memperlihatkan bahwa para mahasiswa khususnya mahasiswa TPB(Tahap persiapan Bersama) memiliki rasa kepercayaan yang cukup tinggi mengenai materi yang di buat oleh HIMATIKA ITB. “saya lebih memilih buku MATCHO sebagai penunjang materi kuliah kalkulus karena pengarangnya adalah mahasiswa matematika yang tentunya telah memahami materi kalkulus dengan baik, selain itu bahasa atau cara penyampaian materinya mudah dipahami dan sesuai dengan gaya bahasa mahasiswa,” Tutur seorang mahasiswa baru yang telah membeli buku MATCHO. Ketertarikan mahasiswa baru akan buku ini memang sangat tinggi, seperti yang telah dituturkan sebelumnya.

“Buku yang saya gagas ini merupakan upaya untuk membantu mahasiswa baru (TPB) agar mempermudah dalam memahami materi Kalkulus dengan contoh-contoh soal serta jawaban dan penjelasan yang cukup mudah untuk di pahami. Selain itu, memang sejak dulu sata memiliki impian untuk menerbitkan buku penunjang pelajaran sebelum saya lulus kuliah,”  kata Muhammad Sammy selaku pengarang dari buku MATCHO. Muhammad Sammy memang sudah tidak asing lagi dengan kegiatan menulis, bahkan sewaktu SMA dia telah menerbitkan sebuah novel yang berjudul ”Dream Utopia” pada tahun 2008.

“Sebagai Organisasi Keprofesian tentunya harus menitik beratkan pada bidang keprofesian masing-masing, saya sangat bangga karena HIMATIKA ITB mampu menghasilkan karya yang bisa membantu dalam bidang pendidikan khususnya matematika walaupun masih dalam lingkup ITB. Harapan kedepannya semoga bisa dikembangkan dan bisa merambah ke universitas lain,” tutur Topan Eko Raharjo sebagai ketua HIMATIKA ITB tahun ini. Topan juga menegaskan bahwa HIMATIKA ITB akan selalu bahu membahu mempertahankan dan mengembangkan buku MATCHO yang telah ada agar selalu ada perubahan yang semakin baik.

Buku MATCHO ini juga telah mengispirasi himpunan-himpunan lain untuk menghasilkan produk yang sesuai dengan bidang keprofesian mereka masing-masing. Sebagai contoh HIMAFI ITB(Himpunan Mahasiswa Fisika ITB) juga telah menerbitkan buku serupa, yaitu buku penunjang untuk mata kuliah Fisaka dasar yang diberi nama φWIKI. Format isi buku ini memang tidak jauh beda karena dalam membuat buku tersebut HIMAFI ITB telah bekerja sama dengan HIMATIKA ITB. HIMATIKA ITB dan HIMAFI ITB akan terus bekerja sama baik penjualan maupun dalam pengembangan nantinya.***

SUSANTO/10109049

Posted in: jurnalistik