Seminar S1 Program Studi Biologi SITH – ITB

Posted on Maret 2, 2012

0


Oleh

Humaira Safitri Andari (10608036)

Ganesa-(Kamis, 1 Maret 2012) Program Studi Biologi Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati Institut Teknologi Bandung mengadakan seminar S1 di ruang multimedia gedung Fisika Teknik. Seminar ini meliputi seluruh Kelompok Keahlian yang ada di dalam Program Studi Biologi. Kelompok Keahlian ini terdiri dari sains dan bioteknologi tumbuhan (SBT); mikrobiologi, genetika, dan biologi molekuler (MGBM); fisiologi, biologi perilaku, dan biometik (FBPB); serta ekologi dan biosistematika (EB).

Seminar pertama dibuka oleh Yogaswara dari KK EB yang memberikan seminar tentang persebaran serangga. Presentasi kemudian dilanjutkan oleh Retno Dwi Rahmawati dari KK FBPB yang memberikan seminar tentang analisis deteksi kebohongan oleh otak. KK SBT diwakili oleh Nadia Juli Indriani mengenai penggunaan eceng gondok untuk fitoremediasi air lindi. KK MGBM diwakili oleh Handian mengenai germinasi padi.

Menurut dosen biologi dari KK FBPB, Dr. Lulu Lusianti Fitri, seminar yang disajikan oleh Retno Dwi Rahmawati  sangat aplikatif dalam proses introgasi terutama dalam kepolisian. Selain itu dengan adanya seminar ini, pola pertanyaan yang diberikan dapat dimanipulasi sehingga apabila seseorang sudah terbiasa berbohong, kebohongannya dapat dideteksi dengan mengubah pola pertanyaan yang diberikan kepada pelaku.

Menurut Nadia Juli Indriani yang menyajikan seminar mengenai penggunaan eceng gondok untuk fitoremediasi air lindi, penelitian yang ia lakukan dapat membantu Kota Bandung dan sekitarnya untuk mengurangi logam berat yang terkandung pada sampah di Tempat Pembuatan Sampah. Hal ini terbukti dari hasil penelitian menunjukan penurunan kadar logam berat dari selama 30 hari penelitian.

Selain ke empat orang yang telah disebut diatas, masih ada beberapa orang lainnya yang menyajikan seminar yang tidak kalah menarik. Topik-topik yang disajikan antara lain persebaran ikan selama musim penghujan di Sungai Citarum oleh Matiinu Imam Ramadhan dan Coral Bleaching oleh Astrid Hapsani Ningrum. Menurut seorang mahasiswa yang tidak ingin disebutkan namanya, seluruh seminar yang disajikan hari ini sangat menarik dan sangat menambah wawasan. Selain itu dengan melihat seminar-seminar ini, pola pertanyaan yang diberikan oleh dosen serta bagaimana cara menyampaikan seminar dengan baik dapat dipelajari. Menururt mahasiswa tersebut pula, ternyata pertanyaan-pertanyaan yang diberikan oleh dosen-dosen hari ini tidak terlalu sulit untuk dijawab dan suasananya pun menyenangkan. Sehingga penyaji seminar terlihat santai dan menguasai seminar yang mereka bawakan.***

Ditandai:
Posted in: pendidikan