Kuda Hitam Basket dari MTM ITB

Posted on Maret 2, 2012

0


Oleh

Rizaldy Muhammad Pohan (13708028)

 

Basket merupakan salah satu olahraga yang banyak digemari di Indonesia, seperti sepakbola, bulutangkis. Untuk menunjang minat mahasiswa/i dalam olahraga ini, khususnya mahasiswa/i ITB diciptakan sebuah unit basket ITB yang dikenal dengan nama UBG (Unit Basket Ganesha). Setiap tahunnya UBG mengadakan sebuah kompetisi basket antar himpunan, dimana kompetisi ini bertujuan untuk meningkatkan skill individu mahasiswa/i ITB dalam olahraga basket, yakni GBS (Ganesha Basketball Season). Hasil GBS dari tahun 2005-2010 menunjukkan terdapat beberapa tim langganan semifinal/final seperti HME (Himpunan Mahasiswa Elektro), HMS (Himpunan Mahasiswa Sipil), KMKL (Keluarga Mahasiswa Kelautan), dan HMM (Himpunan Mahasiswa Mesin). Namun mulai dari GBS 2011/2012 kemarin muncul sebuah nama baru, yakni tim basket MTM (Mahasiswa Teknik Material).

Mencuatnya nama tim basket MTM ini dimulai sejak Olimpiade VI KM ITB 2011, dimana tim ini memenangi pertandingan demi pertandingan hingga pada akhirnya mengalami kekalahan saat berhadapan dengan himpunan saudara dari MTM, yakni HMM (MTM, HMM, dan KMPN [Keluarga Mahasiswa Penerbangan] merupakan himpunan jurusan yang berasal dari Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara atau FTMD). Saat GBS 2010/2011 pun tim basket MTM berhasil memenangi pertandingan hingga mencapai babak final, meski akhirnya kembali mengalami kekalahan dari HMM. Meski tidak sampai menjadi juara satu, sepak terjang tim basket MTM ini merupakan sebuah prestasi baru untuk MTM di bidang basket.

Mengenai prestasi tim basket MTM disebutkan sebagai pengaruh dari Muhammad Fariz Ayala atau Fay, sesuai ucapan dari Made, salah seorang pemain di tim basket MTM, “Kemampuan Fay sebagai pemain individu dan pemain tim yang bikin tim basket MTM bisa berprestasi kayak sekarang”. Namun hasil wawancara singkat dengan Made selanjutnya menjelaskan bahwa peningkatan prestasi tim basket MTM tidak hanya diakibatkan oleh kehadiran Fay semata, namun secara umum dikarenakan kehadiran generasi baru yang melengkapi pasukan tim basket MTM dan porsi latihan yang lebih efektif.

Di GBS 2011/2012 tim basket MTM kembali menunjukkan taring di pertandingan pertamanya dengan mengalahkan HMT (Himpunan Mahasiswa Tambang) pada hari Kamis, 24 Februari 2012 dengan hasil 29-18. Besok (2/3), tim basket MTM akan kembali bertanding menghadapi tim basket HMS, salah satu tim yang namanya rutin muncul di babak semifinal/final GBS. Saat ditanyakan mengenai kesiapan tim basket MTM melawan HMS, Made menjawab dengan tegas, “Siap”. Adapun untuk pertanyaan mengenai kesiapan melawan HMM dijawab dengan nada dan jawaban yang sama sekaligus mengakhiri wawancara.***

 

Ditandai:
Posted in: olah raga