H-1 Pameran Gelar Budaya Aceh 2012

Posted on Maret 2, 2012

0


Oleh

(Prita Lutfitiana 15006080)

 

Satu hari menjelang Pameran Budaya dan Kuliner Aceh sebagai rangkaian acara Gelar Budaya Aceh (GBA) 2012, kesibukan persiapan acara mulai terlihat sejak pagi ini. Stand-stand pameran yang nantinya akan menampilkan ragam budaya Aceh sudah mulai terpasang di lapangan CC Timur ITB.


Ganesa (01/03/12)Setelah kemarin malam sukses melaksanakan gladi resik tari Saman massal hasil pelatihan Pre-event GBA 2012, hari ini panitia acara kembali sibuk melakukan persiapan untuk Pameran Budaya dan Kuliner Aceh yang akan diselenggarakan Jumat (2/3) pukul 9.00-19.00 di lapangan CC Timur ITB. Unit Kesenian Aceh (UKA) ITB sebagai penyelenggara acara berharap acara pameran besok bisa berjalan lancar.

Yufienda Novitasari, ketua divisi Publikasi dan Propaganda dalam kepanitiaan GBA 2012 menuturkan persiapan yang dilakukan hari ini.  “Sejauh ini persiapan untuk acara pameran berjalan lancar. Persiapan yang dilakukan yaitu persiapan logistik seperti pemasangan stand pameran serta persiapan lainnya seperti konfirmasi konsumsi untuk esok dan pendekorasian stand. Malam ini juga akan diadakan briefing akbar panitia untuk mengoordinasikan kinerja keseluruhan panitia dan memberikan penjelasan tentang detail teknis pelaksanaan kegiatan pameran,” tuturnya.

Mahasiswi Teknik Lingkungan ITB angkatan 2009 yang menjabat sebagai Manajer Pengembangan Anggota UKA ITB ini juga menyatakan harapannya dalam penyelenggaraan pameran yang bertujuan untuk memperkenalkan sekaligus menyegarkan kembali ingatan khalayak umum mengenai kebudayaan Aceh dan produk dari kebudayaan Aceh itu.

 

“Semoga besok tidak hujan sehingga keberlangsungan kegiatan pameran tidak terganggu, dan semoga antusiasme massa kampus ITB khususnya dan masyarakat Bandung umumnya cukup besar terhadap penyelenggaraan pameran ini,” ujarnya.

Sesuai dengan tujuan diselenggarakannya pameran yang terbuka untuk umum ini, 14 stand pameran yang digelar akan menyajikan ragam budaya dan kuliner Aceh. Di beberapa stand kuliner Aceh, pengunjung akan berkesempatan mencicipi cita rasa unik khas Aceh, di antaranya yaitu Mie Aceh, Nasi Guri, Roti Cane, Rujak Aceh, Mie Caluk, Bubur Kanji Rumbi, dan Kopi Sanger. Sementara itu di stand lainnya tersedia alat musik dan baju tradisional Aceh, pelaminan khas Aceh tempat pengunjung bisa berfoto menggunakan baju adat Aceh, serta informasi mengenai Aceh pra dan pasca terjadinya tsunami.

Selain itu pengunjung pameran juga bisa menyaksikan pementasan tari Saman massal pukul 17.30 di Boulevard ITB, yang akan dibuka oleh Sekda Jawa Barat Ir. H. Lex Laksamana Zaenal LAN Dipl.HE. Pementasan tari saman berskala besar dengan jumlah pesertanya yang mencapai 251 orang merupakan pertama kalinya di ITB dan mendapat sambutan baik tidak hanya dari mahasiswi ITB tapi juga dari luar ITB.***

 

 

Ditandai:
Posted in: peristiwa