ENVIROVOLUTION, AKSI MAHASISWA ITB MENGKAMPANYEKAN DIET ENERGI

Posted on Maret 2, 2012

0


Oleh

Priscilla Linda Larasati (10310021)

Ganesa-Salah satu bentuk kegiatan sosialisasi untuk pencerdasan mengenai bentuk kegiatan acara Envirovolution yang dilakukan oleh unit kegiatan mahasiswa U-Green ITB berlangsung hari ini, Kamis, 01 Maret 2012, bertempat di sekretariat HIMASTRON ITB (Himpunan Mahasiswa Astronomi Institut Teknologi Bandung)  dengan memaparkan berbagai mekanisme rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan pada tanggal 18 Febuari 2012 hingga 10 Maret 2012 mendatang.

Envirovolution sebagai bentuk aktualisasi kepedulian dan kecintaan mahasiswa ITB terhadap lingkungan yang diprakasai dan diselenggarakan oleh UKM U-Green ITB.  “Envirovolution itu [merupakan] acara tentang penyadaran [kepada] massa kampus khususnya tentang lingkungan”, ungkap Nanda selaku panitia kegiatan workshop Envirovolution tersebut yang diwawancarai pukul 13.15 WIB.

Adapun sosialisasi yang telah dilakukan terkait bentuk kegiatan cinta lingkungan tersebut salah satunya dengan disediakannya tempat sampah unik yang telah ditempatkan di sekitar area ATM center kampus ITB. Bentuk tempat sampah yang menyerupai kotak pos dan ring  basket tersebut sangat menarik perhatian warga kampus yang melintas melewatinya, terutama para mahasiswa. Adapun keunikan lain yang diberikan yakni simulasi cara membuang sampah berupa botol minum bekas dengan cara cara melemparkan botol tersebut seperti melempar bola basket ke dalam ring. Apabila botol yang dilemparkan gagal memasukin ring, umumnya orang akan kembali mengambil botol sampah yang terjatuh ke lantai dan memasukkannya kembali ke dalam ring tempat sampah tersebut.

Model tempat sampah yang unik tersebut merupakan salah satu contoh tempat sampah yang unik, kreatif, dan esensial dalam upaya menggerakan kesadaran masyarakat (khususnya di kalangan mahasiswa ITB) terhadap pemilahan sampah organik dan anorganik. Adapun selama sosialisasi kegiatan Envirovolution U-Green ITB kepada para mahasiswa anggota HIMASTRON tersebut turut disosialisasikan mengenai jadwal seminar, workshop, serta pameran seputar upaya diet energi.

Adapun bentuk kegiatan sosialisasi lainnya yang dilakukan oleh UKM U-Green ITB antara lain penyebaran poster dan selebaran deskripsi kegiatan Envirovolution yang akan diadakan dalam waktu dekat ini.

Dengan adanya rangkaian  tersebut, tentunya target yang ingin dicapai oleh U-Green ITB yakni terlaksananya pencerdasan mengenai isu lingkungan, dan upaya penyadaran agar terbentuknya gerakan yang dapat merealisasikan upaya diet energi.***

Ditandai:
Posted in: lingkungan