BUNGA BANGKAI TUMBUH DI PEKARANGAN INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG

Posted on Maret 2, 2012

1


Oleh

Danni Gathot Harbowo (106008058)

Bandung (02/03) – “Mengejutkan dan mengembirakan” tutur gita, seorang mahasiswa Biologi ITB yang tiba-tiba melihat tunas bunga bangkai itu muncul di pekarangan himpunannya. Keterkejutan itu membawa kegembiraan karena ternyata pekarangan himpunannya mampu menjadi tempat tumbuh bunga langka tersebut. Menurut Djuandi Gandhi, seorang herbarian senior di ITB menuturkan bahwa tumbuhan unik tersebut memiliki nama latin Amorphopallus companulatus, tumbuhan ini tersebar dari Asia tropika hingga kepulauan pasifik. Umumnya bunga langka ini tumbuh di dataran rendah sampai 800 dpl, sedangkan kota Bandung sendiri terletak di ketinggiaan ±709 dpl. Menurut fathya yang merupakan mahasiswa yang memiliki kompeten di bidang biosistematika, tanaman amorphopallus ini memiliki status konservasi endangered atau terancam.

“Kemunculan tunas bunga bangkai ini sudah diindikasi sejak desember lalu.” ungkap desi, salah satu mahasiswa yang secara teliti mengamati Ammorphopallus. Keadaan teduh dan lembab memberikan suasana optimal untuk pertumbuhan tanaman ini. Kondisi keasaman dan porositas tanah pun turut menentukan perumbuhan akar tanaman untuk mendapatkan nutrisi. “Juli mendatang, tumbuhan ini akan berbunga mengakhiri fase vegetatifnya,” tambah desi. Memang tumbuhan ini akan berbunga ketika musim kemarau untuk memasuki fase kawin atau secara ilmiah disebut fase generatif. Tentu hal ini menjadi tambahan pengetahuan baru bagi akademisi di Institut Teknologi Bandung.

Namun keberadaan tanaman ini tidak sejalan dengan program penataan ruang di Institut Teknologi Bandung. Tumbuhan ini bukan merupakan tanaman yang ditanam secara resmi oleh Kasubag Sarana dan Prasarana Instutut Teknologi, tumbuhan langka ini bisa saja dicabut secara paksa jika tidak sesuai dengan perencanaan penataan taman kampus yang telah ditentukan. Seringkali kali perencanaan ini tidak memiliki aspek keanekaragaman hayati mengingat bahwa ITB telah mengusung isu ecocampus dalam arah pembangunannnya. Sangat disayangkan jika keberadaan tumbuhan langka ini tidak dihiraukan oleh akademisi di Institut Teknologi Bandung. Sebuah media pembelajaran dan penambahan wawasan akademisi tentang lingkungan akan memberikan pengaruh yang besar terhadap cara pikir lulusan perguruan tinggi tersebut.

Ditandai:
Posted in: peristiwa