SYMBION 2012: Semangat Nymphaea Untuk Indonesia

Posted on Maret 1, 2012

0


Oleh:

Nadzifah (10409033)

 

Rabu, 22 Februari 2012

Matanya memancarkan semangat dan keyakinan bahwa acara ini tidak hanya menawarkan kesempatan untuk belajar, tetapi juga kesempatan untuk berbagi. “Saya tidak setuju jika mahasiswa dianggap sebagai ujung tombak dari pembangunan Indonesia. Mahasiswa itu harusnya menjadi roh. Roh untuk membangkitkan kesadaran masyarakat agar bersama-sama membangun Indonesia ke arah yang lebih baik,” ujar Himan Taufiq, selaku ketua acara SYMBION Nymphaea 2012.

BANDUNG – Salah satu hal yang membedakan ITB jika dibandingkan dengan universitas lainnya adalah dominansi HMJ (Himpunan Mahasiswa Jurusan) dan bukannya BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa). Dominansi ini dibuktikan dengan banyaknya acara yang diadakan oleh HMJ di ITB yang bersifat edukasi, hiburan, atau pengabdian masyarakat.

Himpunan mahasiswa Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (Hima-SITH) “Nymphaea” berhasil menggabungkan ketiga kategori di atas dalam sebuah acara yang bernama “Semangat Nymphaea Untuk Indonesia (SYMBION)”. Acara yang diadakan dalam tiga waktu yang berbeda ini merupakan agenda puncak Hima-SITH “Nymphaea” dari kepengurusan Dodi Ade Wahyu, selaku ketua himpunan periode 2011/2012.

Hilman Taufiq, mahasiswa Mikrobiologi angkatan 2009, ketua SYMBION Nymphaea 2012, menjelaskan bahwa SYMBION terdiri dari 6 rangkaian acara utama, yaitu Workshop Jamur dan Terarium, Gathering Alumni, Peluncuran Buku Identifikasi Pohon ITB (IPI), Pameran Karya, Forum Silaturahmi Ikatan Himpunan Mahasiswa Biologi (Forsil IKAHIMBI), dan Nymphaea Awards.

“Warna biru dan kuning dari logo SYMBION menandakan warna jahim (jaket himpunan – red), warna biru yang mencuat dan membentuk hifa jamur mewakili jurusan Mikrobiologi, logo teratai yang berwarna putih mewakili jurusan Biologi dan lambang himpunan Nymphaea, dan warna kuning berupa gear mewakili jurusan Teknologi Rekayasa Hayati,” jelas Hilman.

Workshop terarium akan diadakan pada hari Jum’at, 24 Februari 2012. Acara ini ditujukan untuk pelajar kelas 3 sampai 6 SD. Budidaya jamur tiram yang diadakan sehari setelahnya, yaitu pada hari Sabtu, 25 Februari 2012, ditujukan untuk mahasiswa ITB. Workshop terrarium diadakan di Galeri CC Timur, sedangkan workshop jamur diadakan di selasar gedung Oktagon.

Pada workshop jamur, peserta dikenakan biaya Rp 50.000,00 yang sudah termasuk konsumsi, pelatihan, dan kit berupa jamur tiram yang dibuat oleh masing-masing peserta.

Gathering alumni akan diadakan pada hari Sabtu, 17 Maret 2012 dan berlokasi di lapangan basket ITB. Para alumni akan diajak untuk berolahraga bersama dan tur keliling kampus ITB menggunakan sepeda.

Hilman masih belum bisa memberikan kepastian tanggal untuk peluncuran buku IPI, “Rencananya peluncuran buku ini akan dibarengi dengan kunjungan peserta OSN Biologi tingkat SMA ke ITB. Nymphaea diberikan amanah untuk mengisi acara saat mereka berkunjung ke ITB.”

Pameran karya akan menampilkan karya mahasiswa SITH, baik ko-kurikuler, maupun ekstrakurikuler. Pameran yang akan diadakan pada hari Sabtu dan Mingu, 17-18 Maret 2012 dan berlokasi di ruang 27 dan 29 CC Barat ini memiliki 3 kategori, yaitu Pameran Himpunan SITH, Pameran Siswa SITH, dan Pameran Umum.

Forsil IKAHIMBI yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 17 Maret 2012 di ruang TVST A akan membahas diseminasi penelitian dan rapat koordinasi internal IKAHIMBI.

SYMBION akan ditutup secara resmi pada acaran  “Nymphaea Award” yang akan diadakan pada hari Jum’at, 23 Maret 2012 dan berlokasi di Labtek XI SITH. “Acara ini bersifat internal dan dalam acara ini akan diberikan beberapa penghargaan bagi anggota himpunan Nymphaea berdasarkan kategori yang telah diberikan oleh panitia,” jelas Hilman.

“Harapan saya, acara ini bisa menjadi agenda tahunan Nymphaea dan menjadi ciri khas dari himpunan ini. Perjuangan itu tidak hanya membutuhkan niat, tetapi juga semangat dan kontribusi nyata. Semoga SYMBION bisa menjadi bentuk kontribusi nyata dari mahasiswa SITH untuk Indonesia.” tutup Hilman.***

 

*Penulis mahasiswa Mikrobiologi