Raja labtek biru, Raja Labtek XI

Posted on Maret 1, 2012

0


oleh

Adinda Gita Priyantika (10409024)

Minggu (19/2) hujan terus mengguyur lapangan pasir sarana olahraga ITB. Namun hal tersebut tidak menyurutkan semangat para mahasiswa yang sedang bermain futsal. Walaupun hujan turun semakin deras, dua tim yang sedang bermain di lapangan tidak berhenti berusaha untuk merebut gelar juara dalam futsal putra raja labtek biru.

Raja labtek biru merupakan perhelatan setiap satu tahun sekali dengan peserta berasalkan dari anggota labtek XI. Labtek XI dihuni oleh nympahea, HMME, HIMATEK, MTM dan HMO. Kelima anggota tersebut berlomba di berbagai cabang olahraga untuk memperebutkan gelar sebagai raja labtek biru. Setiap tahun acara diadakan oleh pemenang dari tahun sebelumnya, pada tahun ini acara raja labtek biru diadakan oleh Nymphaea. Ketua acara raja labtek biru tahun ini adalah  Jecika Ardiati jurusan mikrobiologi 2009.

Pada acara raja labtek biru terdapat beberapa cabang olahraga, di antaranya futsal, fusball, basket, voli, tenis meja dan tarik tambang. Cabang futsal, voli dan tarik tambang dibagi menjadi 2 yaitu putra dan putri. Cabang-cabang tersebut merupakan hasil voting yang dilakukan sejak sebelum liburan semester ganjil dimulai. Persiapan yang dilakukan selama kurang lebih 3 bulan dari segi logistik, acara dan tempat tidak sia-sia karena acara raja labtek biru tergolong sukses.

Pada tanggal 20 Februari sudah terdapat pemenang dari seluruh cabang olahraga. Seluruh cabang untuk putri dimenangkan oleh himpunan mahasiswa SITH Nymphaea. Sementara pada cabang putra, tenis meja dimenangkan oleh himpunan mahasiswa teknik kimia. Sementara cabang futsal putra dimenangkan oleh mahasiswa teknik material. Seluruh lomba tersebut berlangsung pada tanggal 11-12 Februari dan dilanjutkan tanggal 17-18 Februari 2012.

Pada hari Sabtu dan Minggu tanggal 17-18 februari 2012 lapangan pasir saraga dipenuhi oleh mahasiswa dari himpunan. Para mahasiswa tersebut berada di lapangan untuk bertanding futsal dan menjagokan himpunan masing-masing menjadi pemenang perlombaan futsal putri pada rangkaian raja labtek biru. Pada hari tersebut berlangsung perlombaan di cabang olahraga futsal dengan peserta putri. Nymphaea bertanding melawan Himatek di final. Perlombaan berlangsung cukup seru dan ramai karena massa dari dua himpunan berlomba mendukung himpunan masing-masing. Pada akhirnya cabang futsal putri dimenangkan oleh Nymphaea.

Hari minggu tanggal 18 Februari 2012 kembali diadakan perlombaan futsal di lapangan pasir saraga. Hanya saja kali ini peserta perlombaan merupakan mahasiswa putra penghuni labtek XI. Pada sekitar pukul 11.00 perlombaan dimulai dengan babak penyisihan sistem gugur. Babak sistem gugur ini hanya menyisakan 2 peserta pada final yang dilaksanakan langsung pada hari itu juga. Peserta yang berhasil masuk ke babak final adalah mahasiswa dari teknik material dan teknik kimia.

Cuaca yang mendung tidak membuat semangat pemain dan penonton yang telah hadir menurun. Babak penyisihan dimulai dengan pertandingan antara teknik material dan oseanografi. Mahasiswa teknik material berhasil mengungguli mahasiswa oseanografi dengan skor 3-2. Pertandingan berikutnya adalah pertandingan antara nymphaea dan himatek. Walaupunn di tengah pertandingan hujan mulai turun, kedua tidak lantas menghentikan aksi mereka dalam menggiring dan berusaha menggolkan bola ke kandang lawan. Namun, nymphaea harus berpuas hati ketika hanya mampu bertahan hingga babak penyisihan karena HIMATEK mampu unggul 2-0

Babak final yang berlangsung antara HIMATEK dan MTM pada pukul 13.00. Hujan terus turun walaupun tidak sederas pada pertandingan sebelumnya. Pertandingan berlangsung alot antara kedua himpunan tersebut, dan pendukung kedua himpunan tidak berhenti menyemangati pemain dari himpunan masing-masing. Hingga akhir babak final melum dapat ditentukan pemenang cabang futsal putra raja labtek biru, karena tidak satupun bola berhasil masuk ke gawang, baik gawang HIMATEK maupun gawang MTM. Oleh karena itu, akhirnya diputuskan untuk mengadakan penalit. Pada akhirnya mahasiswa teknik material keluar sebagai juara futsal putra raja labtek biru. Pertandingan tersebut merupakan pertandingan yang mengakhiri rangkaian lomba raja labtek biru.

Walaupun pertandingan futsal putra dimenangkan oleh mahasiswa teknik material, gelar raja labtek biru untuk tahun ini tetap milik himpunan mahasiswa SITH. Seluruh cabang olahraga untuk putri dimenangkan oleh Nymphaea sementara cabang putra kebanyakan dimenangkan oleh himpunan lain. Namun total kemenangan yang berhasil diraih oleh Nymphaea tetap paling tinggi dibandingkan yang lain.

Menurut beberapa supporter, peserta dan panitia yang berhasil diwawancara oleh penulis, lomba yang paling seru dan ramai untuk diikuti adalah tarik tambang. Cabang olahraga yang dilaksanakan di depan kedai kopi tersebut berhasil menyita perhatian penonton baik penghuni labtek XI maupun mahasiswa yang hanya kebetulan lewat di tempat perlombaan. Sementara voli yang diletakkan pada opening tidak seramai yang diperkirakan oleh panitia. Salah satu faktor dari ramainya lomba tarik tambang adalah lomba tersebut diadakan di Labtek biru itu sendiri, sehingga massa kampus tidak harus menempuh perjalanan yang jauh dari tempat kegiatannya masing-masing untuk menyimak lomba tersebut.***

 

*penulis mahasiswa jurusan Mikrobiologi

Ditandai:
Posted in: olah raga