Pergantian Kepengurusan AMISCA terlambat

Posted on Maret 1, 2012

0


Oleh: 

Dennis Kawaria (10508075)

 

Kepemimpinan lama HMK (Himpunan Mahasiswa Kimia) ‘AMISCA’ ITB telah mengakhiri tugasnya. Pada bulan Februari 2012, Tegar selaku ketua AMISCA 2010 – 2011 mengakhiri masa tugasnya dan digantikan oleh Anthony yang akan menjabat dalam periode 2011 – 2012. Pergantian masa kepengurusan ini sedikit terlambat dikarenakan Pemilihan ketua baru yang diselenggarakan oleh Panitia, dipimpin oleh Shendy, menelurkan nama ketua baru pada akhir bulan Desember 2011. Sehingga Rencana pergantian kepengurusan yang sejatinya terjadi pada pertengahan bulan Desember mengalami penundaan. Ditambah lagi beberapa agenda yang dijadwalkan di pertengahan bulan Desember sampai pertengahan bulan Januari seperti Open House Kimia dan libur semester menyebabkan anggota himpunan AMISCA tidak dapat berkumpul secepatnya untuk pergantian kepengurusan.

Kepengurusan AMISCA sedang mengalami periodisasi. Maksudnya, setiap tahun, masa kepengurusan dikurangi satu bulan sehingga akhir masa kepengurusan lama dan awal masa kepengurusan baru perlahan-lahan bergeser menjadi lebih awal. Hal ini akan berakhir ketika masa kepengurusan baru dimulai pada saat yang berdekatan dengan pergantian tahun akademik ITB, juga dengan pergantian anggota senat mahasiswa ITB. Hal ini bertujuan agar irama kepengurusan AMISCA sesuai dengan senat mahasiswa ITB dan juga kalender akademik, sehingga koordinasi yang baik dapat terjalin dengan semua pihak.

Tetapi pada tahun ini periodisasi tersebut mengalami hambatan. Kepanitiaan pemilu berasal dari anggota hinmpunan termuda. Hal ini berdasarkan fakta bahwa anggota himpunan yang masih muda masih netral dalam hal pencalonan kepengurusan baru, sehingga sikap netral panitia menjadi lebih mudah didapatkan. Akan tetapi pembentukan kepanitiaan pemilu harus menunggu kaderisasi anggota himpunan AMISCA selesai, sehingga pembentukan ini mengalami keterlambatan – jadwal kaderisasi tidak lebih cepat selesai, tetapi kepanitiaan pemilu harus lebih cepat dibentuk. Keterlambatan ini menyebabkan proses pembentukan konsep pemilu, aturan pemilu, dan lain sebagainya menjadi terlambat. Keterlambatan ini juga diperparah dengan banyaknya hambatan untuk melakukan kampanye, sebut saja masa UAS (Ujian Akhir Semester) yang menjadi prioritas ketimbang menghadiri atau mengadakan kampanye. Pada akhirnya terpilihnya kepengurusan AMISCA yang baru juga menjadi terlambat.

Setelah jumlah suara dihitung dan kepengurusan AMISCA yang baru terpilih, tidak serta-merta kepengurusan baru ini dapat menjalankan tugasnya. Kepengurusan baru hanya dapat menjalankan tugasnya setelah secara resmi dipilih dalam rapat besar yang disebut Musang (Musyawarah Anggota) yang sejatinya dihadiri oleh seluruh anggota himpunan AMISCA. Penyelenggaraan Musyawarah ini terhambat oleh hal-hal yang sudah disebutkan di atas, antara lain libur semester dan acara resmi seperti Open House Kimia.

Setelah seluruh anggota himpunan AMISCA sudah berada di Bandung lagi, yaitu pada awal semester kedua tahun akademik 2011 / 2012, maka Musyawarah Anggota diadakan dengan agenda pelantikan kepengurusan yang baru. Musyawarah ini berjalan singkat, dan setelah kepengurusan yang baru dilantik, kepengurusan yang baru ini segera menyusun program kerja untuk setahun masa jabatan, yang akan dituangkan dalam GBHP (Garis Besar Haluan Program) dan dokumen-dokumen lainnya.

Kepengurusan yang lama, yaitu Tegar sebagai ketua kini menjadi salah seorang anggota MPA (Majelis Perwakilan Anggota) AMISCA dan Iqbal sebagai senator lama kini menjadi salah seorang promotor calon Presiden Keluarga Mahasiswa ITB.***

Ditandai:
Posted in: organisasi