PEMILU RAYA TERUS TERTUNDA

Posted on Maret 1, 2012

0


Oleh

Levina Lailani Suprapto (153 08 013)

 

Gara-gara hanya 1 bakal calon yang lolos pemilu kemungkinan diulang lagi

Kabinet Keluarga Mahasiswa ITB periode 2011/2012 mendekati akhir kepengurusannya. Pemilu Raya KM ITB pun digelar untuk mencari pemimpin yang akan menggantikan Tizar Bijaksana (Planologi ’07) yang saat ini menjabat sebagai ketua kabinet atau yang lebih populer dengan sebutan Presiden KM ITB. Pendaftaran bakal calon presiden KM ITB dilakukan pada tanggal 1 hingga 8 Februari 2012 lalu. Selama jangka waktu tersebut, terdapat 4 orang yang mengambil formulir pendaftaran yaitu :  Anjar Dimara Sakti (Teknik Geodesi 08), Mohammad Ashyari Sastrosubroto (Teknik Sipil 08), Taufik Nurcahyo (Teknik Geologi 08), dan Mirza Adrian (Teknik Sipil 08).  Pengumpulan berkas pun dilakukan pada jangka waktu tanggal 9 hingga 10 Februari 2012. Setelah dilakukan pengumpulan berkas dilakukan tahap verifikasi pada hari Jum’at tanggal 10 Februari 2012. Dari keempat orang yang mengambil formulir pendaftaran, 3 diantaranya mengembalikan formulir beserta persyaratannya yaitu : Anjar (GD 08), Ashyari (SI 08) dan Taufik (GL 08). Proses verifikasi dilakukan dengan hasil tidak ada seorang bakal calon pun yang memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh panitia pemilu raya. Beberapa hal yang menjadi penyebabnya adalah kurangnya jumlah dukungan dari program studi tertentu ataupun fakultas tertentu bagi mahasiswa Tahap Persiapan Bersama (TPB) atau tidak jelasnya foto KTM yang harus dikumpulkan oleh tim bakal calon presiden sebagai bukti dari pengisian lembar dukungan. Menindaklanjuti hasil verifikasi tersebut, dimana tidak ada seorang pun yang lolos tahap verifikasi yang dilakukan, maka diadakan masa penangguhan. Masa penangguhan dilakukan sejak hari Senin tanggal 13 Februari 2012 hingga hari Jum’at tanggal 17 Februari 2012. Masa penangguhan ini juga memungkinkan bertambah atau berkurangnya jumlah bakal calon presiden KM ITB yang mendaftarkan diri karena mengulangi proses sebelumnya dari awal.

Pengulangan proses pendaftaran pun dilakukan dan kali ini jumlah orang yang mendaftarkan diri sebagai bakal calon presiden KM ITB tetap berjumlah 4 namun dengan 1 orang bakal calon yang berbeda dari sebelumnya. Bakal calon tersebut adalah Gilang Permata (Teknik Material 08) sementara ketiga calon lain yang tetap sama adalah Taufik (GL 08), Ashyari (SI 08), dan Anjar (GD 08). Bakal calon yang juga dari Jurusan Teknik Sipil ITB yaitu Mirza Adrian kali ini tidak mendaftarkan kembali dirinya sebagai bakal calon.

Tibalah tanggal 17 Februari dimana berkas persyaratan dan formulir pendaftaran harus dikumpulkan dan diverifikasi. Proses verifikasi dimulai pada sekitar pukul 19.00 WIB dan selesai pada sekitar pukul 5.20 pagi tanggal 18 Februari 2012 dengan hasil sebagai berikut :

 

-M. Ashyari Sastrosubroto (SI 08)

Setelah melakukan pengecekan, Ari dinyatakan tidak lolos verifikasi pada pukul 1.27 WIB dikarenakan tidak bisa memenuhi minimum dukungan 10% mahasiswa di 3 fakultas TPB, yaitu FTI, FSRD, dan FTTM.

 

-Taufik Nurcahyo (GL 08)

Taufik lolos di 10 fakultas TPB, namun tidak dapat memenuhi minimal di 2 fakultas yakni FTI dan STEI. Sedangkan, di prodi jurusan terdapat  10 jurusan yang kurang dari 10%, yaitu Geodesi, Seni Rupa, Design Interior, Fisika Teknik, Teknik Mesin, Teknik Material, Manajemen, Teknik Elektro, Power, dan Telkom. Maka disimpulkan Taufik Nurcahyo tidak lolos verifikasi pada pukul 04.11 WIB

 

-Anjar Dimara Sakti (GD 08)

Setelah melakukan verifikasi hingga jam 05.03 WIB, bakal calon Anjar Dimara Sakti dinyatakan lolos verifikasi sebagai calon Presiden KM ITB. Pada proses verifikasi yang dilakukan terdapat pula permasalahan pada CV Anjar yang mencantumkan jabatan yang masih ia emban sekarang namun tidak melampirkan surat keterangan bebas jabatan seperti yang seharusnya dibuat apabila ingin mengajukan diri sebagai calon presiden KM ITB. Sanksi yang didapatkan berupa harus membuat surat permintaan maaf kepada seluruh himpunan, unit dan mahasiswa TPB.

Menindaklanjuti hasil verifikasi yang dilakukan, karena hanya 1 bakal calon yang lolos verifikasi sebagai calon Presiden KM ITB, maka keputusan dikembalikan lagi ke Kongres KM ITB apakah akan melakukan masa penangguhan, pengulangan pemilu, atau pengambilan tindakan lainnya.  (per tanggal 18 Februari 2012). ***

 

Penulis mahasiswa Teknik Lingkungan, kontak levinasuprapto13@gmail.com

 

Ditandai:
Posted in: organisasi