KETIGA BAKAL CALON PRESIDEN KM ITB PERIODE 2012-2013 LOLOS VERIFIKASI PEMIRA ITB 2012

Posted on Maret 1, 2012

0


Oleh

PRISCILLA LINDA LARASATI (10310021)

Setelah M. Ashyari S. (Ari) dan Taufik Nurcahyo (Taufik) diberi kesempatan untuk melengkapi kembali lembar dukungannya masing-masing sesuai dengan ketentuan yang berlaku, kedua bakal calon presiden KM tersebut dinyatakan lolos verifikasi dan akhirnya ditetapkan menjadi calon presiden KM ITB periode 2012-2013, menyusul rekan mereka yang sebelumnya telah terlebih dahulu ditetapkan menjadi calon presiden yakni Anjar Dimara Sakti (Anjar).

Anjar dinyatakan lolos sebagai calon presiden KM ITB periode 2012-2013 pada hari Jumat, 17 Febuari 2012, pukul 5.03 WIB. Adapun penyebab Ari dan Taufik mengalami penundaan proses verifikasi menjadi calon presiden KM ITB dikarenakan kedua bakal calon presiden KM ITB tersebut tidak dapat memenuhi kelengkapan administrasi yakni berupa lembar dukungan.

Kegiatan verifikasi PEMIRA (Pemilu Raya) KM ITB  2012 yang pertama kali diadakan pada tanggal 17 Febuari tersebut dihadiri oleh ketiga bakal calon presiden KM ITB, promotor dan tim sukses dari ketiga bakal calon, panitia pelaksana, panitia pengawas pemilu, dan Kongres KM ITB. Dari hasil pemeriksaan berkas-berkas administrasi ketiga bakal calon presiden, verifikasi yang bersifat semi-tertutup tersebut sempat membahas masalah yang melibatkan salah catu bakal calon presiden yakni Anjar. Masalah Anjar terkait dengan tata cara PEMIRA KM ITB 2012 yang menyatakan bahwa salah satu syarat untuk menjadi calon presiden KM ITB adalah tidak sedang aktif dalam kepengurusan organisasi, kepanitiaan internal dan eksternal kampus, pada semua tingkat dan tempat. Maksud dari hal tersebut adalah agar tidak adanya jabatan ganda dan fokus saat menjabat sebagai Presiden KM ITB.

Masalah yang melibatkan Anjar yakni mengenai ketidaksesuaian data  bahwa ia tercantum dengan status aktif menjabat di asrama PPSDMS sebagai ketua divisi Litbang, sedangkan pada lampiran surat keterangan  yang diberikannya menerangkan bahwa ia tidak memiliki jabatan resmi. Adapun hal yang dibahas pada pertemuan tersebut yakni terdapat kemungkinan adanya kesalahan penulisan pada CV Anjar atau mungkin tidak adanya surat resmi asli yang menerangkan bahwa Anjar sedang tidak aktif menjabat di organisasi tersebut.

Setelah hampir 30 menit berlangsung, akhirnya pengambilan keputusan diambil ahli oleh kongres.  Anjar akhirnya dikenai sanksi berupa pembuatan surat keterangan yang menjelaskan bahwa adanya kesalahan pencantuman jabatan di CV sebelumnya, serta merevisi kembali CV yang baru dan dapat dipertanggungjawabkan.

Adapun masalah yang melibatkan Ari terkait dengan lembar dukungannya yakni ia dinyatakan tidak lolos verifikasi karena tidak bisa memenuhi minimum dukungan di 3 fakultas TPB, yaitu FTI, FSRD, dan FTTM. Sedangkan Taufik lolos di 10 fakultas TPB, namun tidak dapat memenuhi minimal dukungan dari 2 fakultas, yakni FTI dan STEI, serta terdapat 10 jurusan yang data lembar dukungannya kurang dari 10%, yaitu Geodesi, Seni Rupa, Design Interior, Fisika Teknik, Teknik Mesin, Teknik Material, Manajemen, Teknik Elektro, Power, dan Elektro Telekomunikasi.

Kemudian pada tanggal 19 Febuari 2012, kembali dilakukan pertemuan oleh kedua bakal calon presiden (Ari dan Taufik), calon presiden (Anjar), panitia pelaksana, kongres, dan panitia pengawas pemilu. Dari pertemuan itu, Ari dan Taufik diberi waktu penangguhan untuk melengkapi lembar dukungan hingga hari Senin, 20 Februari 2012, pukul 19.00 WIB. Sedangkan Anjar diberi sanksi membuat surat permintaan maaf yang berisi identitas, foto, pernyataan maaf, dan penjelasan tentang organisasi PPSDMS, dengan syarat harus disebar ke seluruh himpunan dan fakultas TPB.

Verifikasi mengenai keberlanjutan PEMIRA KM ITB 2012 dilakukan kembali pada tanggal 20 Febuari 2012 di sekretariat PEMIRA pukul 19.15. Pertemuan tersebut bertujuan untuk memeriksa kembali kelengkapan lembar dukungan Ari dan Taufik. Setelah pemeriksaan dilakukan, Ari dan Taufik telah mencukupi jumlah dukungan minimal yang ditetapkan. Oleh karena itu, Ari, Taufik, dan Anjar telah sah ditetapkan sebagai palon presiden KM ITB periode 2012-2013.***

 

*kontak penulis   : priscilla_linda_larasati@yahoo.com

Ditandai:
Posted in: organisasi