Kesuksesan T-Files Memberi Solusi Untuk Bangsa

Posted on Maret 1, 2012

0


T

files, salah satu perusahaan di bawah naungan ITB berhasil meraih juara pertama dalam program Mandiri Young Technopreneur (MYT) 2011. Acara ini diselenggarakan oleh Bank Mandiri selama 3 bulan di kota-kota besar di Indonesia seperti Medan, Palembang, Jakarta, Bandung, Makassar Denpasar dan Jayapura. T-Files yang bergerak di bidang desain dan teknologi produksi, dipimpin oleh salah satu alumni Oceanografi 2004 ITB, Nurana Indah Paramita, meraih juara pertama dengan kategori Teknologi Energi Terbarukan.

Perusahaan ini dapat meraih juara karena perusahaan ini adalah perusahaan yang bersifat aplikatif dan berbasiskan kesejahteraan masyarakat. Hal ini dapat kita lihat dari program-program yang T-Files sediakan. Perusahaan ini merupakan salah satu pemilik paten dan produsen pertama di dunia kekuatan arus pasang surut laut menggunakan mekanisme apung dengan perawatan yang mudah. Selain membuat alat pembangkit listrik tenaga arus laut, perusahaan ini juga menyedikan jasa konsultan engineering untuk pihak-pihak yang ingin mengembangkan pembangkit energi terbarukan. T-Files juga bekerja sama dengan lembaga swadaya masyarakat lokal untuk melakukan program-program perkembangan masyarakat yang tepat guna.

Perusahaan ini sangat terkenal dengan alat pembangkit tenaga listrik arus lautnya. Pada mulanya, project ini digunakan Nurana Indah Paramita a.k.a. Mita untuk pengerjaan tugas akhirnya. Namun, project ini berlanjut dengan penciptaan alat ini. “Untuk keunggulan, keunggulan alat ini, Ramah Lingkungan, terjangkau, dan aplikatif”, ungkap Mita saat Expo Wirausaha Muda Mandiri, di Jakarta Convention Center, Jakarta, Jumat 20 Januari 2012.

T-Files yang merupakan nama perusahaan Mita dan teman-teman memiliki misi yaitu, menjadi perusahaan energi alternatif yang memiliki komitmen membantu energi non konvensional pada masyarakat Indonesia. Sedangkan visinya adalah membantu penghematan penggunaan bahan bakar fosil di Indonesia dan membantu pemerintah menyediakan energi listrik untuk kebutuhan industri dan rumah tangga di Indonesia.

Dengan menjadi juara pertama Mandiri Young Technopreneur, T-Files mendapatkan 50 juta, dan seed capital 1,5 milyar  dari Bank Mandiri. Hal ini menjadi kabar yang sangat membahagiakan karena perusahaan ini baru pertama kali memenangkan kejuaraan di Tanah Air. Selama ini T-Files telah memenangkan beberapa kejuaraan diluar negeri seperti menjadi runner up global Enterpreneur yang dihadiri  Obama. Lalu, juara satu business plan competition di Keio University Jepang.

Menurut Mita, Indonesia memiliki potensi untuk dipergunakan pembangkit listrik tenaga arus laut. Pasalnya, Indonesia adalah negara kepulauan dan memiliki laut yang begitu luas. Selain itu, mempunyai arus yang banyak, terutama diselat-selat sehingga sangat memungkinkan untuk membangun alat-alat pembangkit listrik tenaga arus laut di Indonesia. Dengan mendirikan alat-alat ini, bukan hanya memperkenalkan masyarakat dengan alat yang ramah lingkungan ini tetapi secara tidak langsung akan menciptakan lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat Indonesia. Dengan begitu, T-Files juga memperkecil jumlah angka pengangguran yang ada di Indonesia.

Setelah menjadi pemenang Mandiri Young Technopreneur Award di bidang energi, T-Files menjalin kerja sama dalam pengembangan Green Energy dengan PT INTI,  salah satu BUMN yang berperan sebagai prime mover bangkitnya industri dalam negeri. Hal ini dilakukan karena menimbang peningkatan kebutuhan tenaga listrik masyarakat dan industri akibat pertumbuhan ekonomi nasional. Selain itu untuk memunculkan Indonesia di permukaan internasional dalan hal elektrifikasi. Untuk mewujudkan hal itu, diperlukan inovasi dalam mengembangkan energi untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Peran swasta sangat diperlukan melihat masih minimnya tindakan nyata dari pemerintah untuk menyalurkan listrik hingga ke daerah-daerah terpencil di Indonesia. Pemerintah kini mencari alternatif lain untuk pengembangan energi dengan mengemban green energy dan green company untuk memenuhi pasokan energi nasional terutama di bidang kelistrikan.

Penandatangan kerjasama dilakukan di PT INTI, Jumat 3 Februari 2012, oleh Dirut PT T-Files Nurana Indah Paramita dan Irfan Setiaputra, yang disaksikan langsung oleh Menneg BUMN Dahlan Iskan. Kerjasama ini didasari pula semangat nasionalisme, serta visi dan misi yang sama, yakni keinginan untuk  mengembangkan produk dan potensi sumber daya alam dalam negeri, maka INTI dan T-Files Indonesia akan mengembangkan produk unggulan pembangkit listrik tenaga arus  laut yang  dijuluki, Marine Current Turbine.

Kerjasama tersebut merupakan salah satu bentuk link and match antara inkubator bisnis, yang lahir dari kreasi dan inovasi anak bangsa, para peneliti kalangan akademisi, yang  menghasilkan produk berdaya guna bagi kehidupan masyarakat Indonesia, dimana INTI telah menjembatani kesenjangan antara lembaga penelitian dengan industri. Diharapkan ini menjadi inisiasi yang baik untuk dapat dicontoh oleh generasi muda mendatang.***

Ditandai: