Jejak TPB Cup 2012

Posted on Maret 1, 2012

0


oleh 

Jeanne Elvia (10409011)

Bandung, Sabtu lalu (18/2) Tennis TPB Cup diadakan di Saraga, Institut Teknologi Bandung (ITB). Pertandingan antara STEI (Sekolah Teknik Elektro dan Informatika)  vs SBM (Sekolah Bisnis dan Manajemen) itu berlangsung selama 2 jam mulai dari pukul 10.00-12.00. Masing-masing fakultas dibagi menjadi 4 tim. Penonton pertandingan tidak terbatas hanya dari kedua fakultas tersebut. Semua orang yang ingin datang melihat pertandingan, diperbolehkan ikut. Selama pertandingan terlihat suporter dari masing-masing fakultas memberi semangat kepada tim yang sedang bertanding. Ada suporter yang membawa alat-alat seperti bendera, galon, dan ada pula yang menyanyikan yel-yel fakultasnya masing-masing untuk meramaikan suasana selama pertandingan. Meskipun demikian, pertandingan tetap berjalan tertib dan lancar. Pertandingan Tennis ini dimenangkan oleh STEI. Tiga dari empat tim STEI masuk semi-final, sedangkan dari tim SBM hanya lolos satu tim. Para pemain STEI terlihat mahir dalam bermain tennis. Terbukti dari skor salah satu tim yang bermain, STEI vs SBM 8-0. Berdasarkan pendapat para penonton pertandingan, sudah wajar jika 3 tim dari STEI menang karena beberapa pemain STEI tersebut memang sudah sering memenangi pertandingan kejuaraan tennis di luar ITB. “Wajarlah STEI menang, skor mutlak 8-0! Ada Reynaldi Prasetyo, sang atlet nasional tingkat Jawa Barat” kata Bobbie, salah satu mahasiswa STEI yang diwawancara setelah pertandingan berakhir. Selanjutnya, pertandingan final tennis TPB Cup akan diadakan hari Sabtu (25/2) depan di tempat dan jam yang sama.

Pada hari Sabtu itu pula, berlangsung pertandingan voli TPB Cup di Saraga. Berbeda dari pertandingan tennis yang akan segera berakhir sabtu depan, pertandingan voli baru berlangsung. Untuk selanjutnya pertandingan voli akan diadakan setiap hari Sabtu dan Minggu.

Selain pertandingan tennis dan voli, terdapat pula pertandingan TPB Cup futsal, basket, badminton. Biasanya setiap pertandingan, masing-masing fakultas memberikan tim yang lebih dari satu, tim putra dan tim putri. Tempat pertandingan tidak terbatas hanya di saraga saja, tetapi dapat pula memakai Gedung Serba Guna (GSG) ITB. Masing-masing pertandingan memiliki peraturan umum. Seperti pada pertandingan futsal TPB Cup 2011, peserta harus merupakan mahasiswa program Sarjana ITB angkatan 2011, mahasiswa harus dari jurusan atau fakultasnya (bila memakai jasa pemain lain akan diberi sanksi yaitu didiskualifikasi), peserta yang mengikuti turnamen hanya peserta yang terdaftar di formulir pendaftaran, satu tim maksimal terdiri dari 15 (lima belas ) orang yang terdiri dari 12 (dua belas) orang pemain dan 3 (tiga) orang official atau manajer tim, setiap fakultas wajib memiliki manajer tim, ketua angkatan atau manajer wajib menandatangani surat kontrak dari panitia. Ada pula peraturan selama pertandingan berlangsung seperti tim yang bertanding harus hadir di lokasi pertandingan 15 menit sebelum pertandingan dimulai, toleransi keterlambatan hanya lima menit dari jadwal (jika terlambat, tim dinyatakan WO dan kalah dengan skor 0-3), tim harus sudah melakukan pendaftaran ulang, dan sebagainya. Peraturan-peraturan lainnya mengenai pelanggaran non-pertandingan, wasit, cedera, jadwal pertandingan, uang jaminan, mekanisme pemberian peringatan, acara pembukaan TPB Cup, mekanisme pemberian dan pembayaran denda, sanksi, dan lain-lain. Setiap pertandingan TPB Cup, beberapa mewajibkan pesertanya untuk membayar uang pendaftaran dan uang jaminan. Seperti pada pertandingan futsal ini, peserta diwajibkan membayar uang jaminan sebesar Rp 75.000,- dan uang pendaftaran sebesar Rp 225.000,-. Untuk final TPB Cup, tim yang menang akan memperoleh penghargaan berupa medali dan piala.

TPB Cup merupakan pertandingan antar fakultas atau program studi di lingkungan ITB yang diadakan setiap tahun bagi mahasiswa Tahap Persiapan Bersama (TPB). Tujuan dari TPB Cup sendiri adalah untuk meningkatkan kebersamaan antar fakultas dan merupakan ajang olahraga ITB. Selain itu, beberapa orang berpendapat bahwa dengan adanya TPB Cup dapat mempererat pertemanan antar teman satu fakultas. Dengan diadakannya TPB Cup, mahasiswa juga dapat belajar  berorganisasi dan berkoordinasi.***

Ditandai:
Posted in: olah raga