Delegasi ITB Raih Honorable Mention Award di Harvard National MUN 2012

Posted on Maret 1, 2012

0


oleh

Prita Lutfitiana (15006080)

 

Mahasiswa ITB yang berbasis ilmu sains dan teknologi terbukti mampu berprestasi di Harvard National MUN, ajang simulasi sidang PBB yang notabene banyak diikuti oleh peserta mahasiswa dari keilmuan sosial-politik dan hubungan internasional.

Tim delegasi ITB berhasil meraih penghargaan “Honorable Mention” untuk kategori Legal Committee pada konferensi Harvard National Model United Nations (HNMUN) tahun ini. Penghargaan tersebut dimenangkan oleh Tubagus Andhika Nugraha (Teknik Informatika 2010) dan Hendra Kwik (Teknik Kimia 2008) yang merupakan salah satu anggota delegasi ITB yang terdiri dari 18 orang dari berbagai jurusan.

Pada konferensi yang diselenggarakan pada 16-19 Februari 2012 di Boston Park Plaza Hotel, Amerika Serikat itu, delegasi ITB bersaing dengan lebih dari 3000 peserta mahasiswa dari berbagai negara dalam membahas masalah-masalah internasional. Di konferensi tersebut, para peserta mewakili sebuah negara dan mengikuti konferensi berdasarkan perspektif negara yang diwakilinya. Tahun ini delegasi ITB mewakili negara Libya yang terkenal sedang menghadapi konflik internal rumit dan baru saja bebas dari tekanan pemimpin diktator namun memiliki posisi penting di dunia internasional.

Torehan prestasi yang diraih ITB membuat catatan sejarah tersendiri di konferensi yang diselenggarakan setahun sekali oleh Harvard International Relations Council ini. Di blog resmi delegasi ITB untuk HNMUN, itb4hnmun.wordpress.com, disebutkan bahwa selain menjadi satu-satunya universitas dari Indonesia yang berhasil  meraih penghargaan pada tahun ini, ITB juga satu-satunya universitas dari Asia yang sukses meraih penghargaan tersebut.

Pengumuman serupa juga disampaikan di blog mahasiswaitb.wordpress.com oleh  Yosaka Eka Putranta selaku Manajer Hubungan Luar Ganesha Model United Nations Club, Unit Kegiatan Mahasiswa ITB yang mengoordinasikan dan membimbing para delegasi ITB untuk MUN.

“Dalam sejarah Harvard National Model United Nations, kompetisi MUN internasional terbesar dan tertua di bumi ini, kemenangan seperti ini merupakan pertama kalinya bagi kampus kita, dan kedua kalinya bagi Indonesia,” tulisnya.

Yosaka juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada para pihak yang telah memberikan bantuan moral dan material serta menyatakan harapan para anggota klub tersebut untuk terus berjuang demi kehormatan kampus ITB tercinta di lingkungan global.***